Mahasiswa Program Studi Ilmu Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Bazar Produk Inovasi Farmasi. Acara yang diselenggarakan pada Selasa-Rabu, 29-30 Desember 2015 ini menjual produk hasil kreasi mahasiswa farmasi berupa produk kecantikan dan aromaterapi. Produk yang dijual antara lain pewangi rambut, pewangi ruangan, vintage scrub, masker wajah, dry shampoo, serta lilin aromaterapi.

468562_620

Paramita Esha, selaku dosen Pengampu Block Produk Inovasi dan Kewirausahaan Farmasi mengatakan bahwa sejak awal Desember mahasiswa diminta memformulasi produk-produk kecantikan dan aromaterapi. Mahasiswa dibagi dalam 12 kelompok yang masing-masing didampingi seorang dosen pembimbing untuk konsultasi dan uji keamanan bahan yang digunakan.

Selain membuat produk baru, mahasiswa juga melakukan inovasi terhadap beberapa produk yang sudah ada dengan mengganti atau menambah beberapa formula komposisi. “Dari segi keamanan sudah terjamin aman karena sudah diuji cobakan di kalangan kami dan telah mendapat persetujuan dari para dosen pembimbing,” kata Paramita.

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan dampak positif untuk melakukan praktik langsung dalam pembuatan kosmetik dan aromaterapi yang aman. Paramita berharap, kegiatan seperti ini dapat membuat mahasiswa lebih inovatif dalam mengkomposisikan formula produk kecantikan dan lebih mengembangkannya di masa mendatang.

Indah Mutiara selaku panitia mengungkapkan dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa juga dituntut menciptakan produk inovasi dengan modal kecil namun dapat menghasilkan untung yang besar. Selain itu, lanjutnya, mahasiswa juga diberikan persiapan dalam bidang kewirausahaan. “Jadi nanti ketika kami sudah lulus, kami tidak bingung mau apa. Selain menjadi apoteker, kami bisa mengembangkan produk yang kami buat saat ini dan melanjutkannya di bidang entrepreneur ketika lulus kuliah nanti,” kata Indah.