Prodi Farmasi FKIK UMY unjuk gigi sebagai Juara III di Lomba OSCE Nasional. Lomba tersebut merupakan bagian dari rentetan acara yang digelar oleh Universitas Ahmad Dahlan untuk memperingati ulang tahun yang ke 56.

Lomba OSCE Nasional dilaksanakan selama dua hari yaitu sabtu dan minggu pada tanggal 25-26 November 2017. kegiatan pertama Di hari pertama ialah Technical MeetingĀ  yang bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang teknik lomba yang akan diselenggarakan, yang dimulai pada jam 7 pagi. Kemudian dilanjutkan dengan Babak Penyisihan pertama yaitu peserta mengerjakan soal ujian. Setelah dilakukanya babak penyisihan pertama semua peserta diajak berjalan-jalan melihat keelokan Kota Yogyakarta seperti di Malioboro dan sekitarnya hingga malam.

Acara di Hari kedua dimulai dengan babak semi final yang terdiri dari 3 aspek penilaian yaitu melalui OSCE (Objective Structured Clinical Examination), OSPE (Objective Structured Pharmaceutical Examination), MESO (Monitoring Efek Samping Obat) & EBM (Evidence Based Medicine). Dilanjutkan dengan babak final dengan sistem mengerjakan soal secara bergantian selama 10 menit di 10 Pos.

Juri dalam lomba tersebut berasal dari perwakilan 3 institusi yaitu IAI DIY, Universitas, Praktisi Industri.

Lomba tersebut di ikuti oleh lebih dari 20 kontingen, 1 kontingen terdiri dari 3 peserta. Pesertanya berasal dari berbagai universitas yang ada di Indonesia, tercatat universitas terjauh ialah Universitas Hassanudin Makasar.

Prodi Farmasi FKIK UMY menyabet juara III. Sementara juara pertama dan kedua masing-masing diraih oleh Universitas Sanata Dharma dan Universitas Gadjah Mada.(wuri)