Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan kegiatan pada Minggu 5 November 2017 yaitu Penyuluhan terkait PHBS dan Hipertensi di dusun Dusun Srunggo II, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Kegiatan tersebut dijalankan oleh salah satu Organisasi Jurusan di Farmasi yaitu PIO ( Pusat Informasi Obat). Tujuan dari kegiatan tersebut ialah memberikan wadah untuk menambah wawasan dalam rangka meningkatkan kesadaran para orang tua (Lansia) bahwa betapa pentingnya kita menjaga kesehatan, khususnya  mengenai penyakit hipertensi dan penanganannya serta dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam lingkungan masyarakat.

Menurut data dari Riskesda tahun 2013 sebanyak 0.7% orang yang terdiagnosis tekanan darah tinggi minum obat Hipertensi. Menurut Departemen Kesehatan Hal tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar penderita Hipertensi tidak menyadari menderita Hipertensi ataupun mendapatkan pengobatan.

 

Sasaran dari kegiatan minggu itu ialah orang tua dan lansia selain karena penyakit tersebut rentan terjadi pada yang berjiwa muda, juga dikarenakan pada umumnya mereka kurang mendapatkan informasi betapa pentingnya menjaga kesehatan dan penerapan perilaku hidup bersih.

Senam anti-hipertensi, cek tekanan darah, penyuluhan PHBS dan Hipertensi, dan praktik cara mencuci tangan merupakan rangkaian kegiatan yang belangsung saat itu. Sejumlah 31 peserta ikut dalam berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. (wuri)