Mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil menjuarai kompetisi Pharmacy Competition UGM 2015. Kegiatan ini merupakan sebuah kompetisi Kefarmasian yang diselenggarakan oleh PIOGAMA (Pusat Informasi Obat Gajah Mada). Tim UMY berhasil mengalahkan 45 tim dari 22 universitas dari seluruh Indonesia. Kompetisi yang berakhir pekan lalu ini dilaksanakan di Fakultas Farmasi UGM.

IMG_0304

Danang Aji Wiguna, ketua tim farmasi UMY mengatakan kompetisi yang diikutinya tersebut terdiri dari berbagai babak penyisihan. Tahap awal yaitu penyisihan dengan mengerjakan 200 soal terkait dengan ilmu Kefarmasian. Kemudian, dari tahap penyisihan tersebut diambil 9 tim untuk masuk ke babak semifinal. “Pada babak semifinal kami kembali berkompetisi dengan perlombaan cerdas cermat yang dibagi menjadi 3 kelompok dari 9 tim tersebut, dan kemudian kami berhasil mewakili kelompok untuk masuk ke babak final,” ujarnya, Senin (9/11/2015).

Lanjut Danang, pada babak semifinal tersebut nilai tim UMY sempat imbang dengan tim UGM, kemudian dari dewan juri memutuskan untuk memberikan pertanyaan rebutan. Tim UMY pun berhasil mengalahkan tim dari UGM dan berhak masuk ke final. “Pada penyisihan di semifinal kami sempat memiliki nilai seimbang dengan tim UGM, dan hingga akhirnya kami kembali unggul pada pertanyaan rebutan dari dewan juri, dan berhak masuk ke babak final,” tambahnya.

Tim yang beranggotakan Danang Aji Wiguna, Komarudin, dan Aiyun Astiyani yang merupakan mahasiwa Jurusan Farmasi UMY angkatan 2013 tersebut, dalam laga final berhasil mengalahkan tim UNAIR dan ITB. Perolehan nilai sempurna yang berhasil mereka capai adalah 390 poin. “Pada babak final kompetisi yang dilombakan yaitu konseling dan cerdas cermat. Pada babak konseling kami mendapatkan tiga kasus yang diberikan oleh dewan juri. Kami berhasil mendapatkan poin tertinggi dan akhirnya meraih juara 1,” jelas Komarudin.