Sebanyak 20 siswa, berasal dari 20 SMK dan SMF se-DIY, mengikuti LKS (Lomba Kompetensi Siswa) bidang Farmasi yang digelar oleh Disdikpora berkolaborasi dengan Prodi Farmasi FKIK UMY. Lomba tersebut diselenggarakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 24 dan 25 Oktober 2017.

Sebelumnya diselenggarakan Technical Meeting di tanggal 23 Oktober 2017. Di hari pertama, para peserta mengikuti ujian tertulis dengan materi Farmasetika, Farmakologi dan Farmakognosi. Hari selanjutnya, para peserta diuji kembali kompetensinya oleh 2 juri yang berasal dari PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) dan Pihak Farmasi FKIK UMY yaitu Ibu Sri Tasminatun, M,Sc., Apt. melalui ujian praktek meracik obat dan komunikasi. Rentetan agenda tersebut diakhiri dengan pengumuman juara. Dimana SMF Indonesia keluar menjadi juara pertama.

LKS merupakan sebuah event yang diselenggarakan setiap tahun oleh Disdikpora. Event ini merupakan kali kedua bagi Prodi Farmasi FKIK UMY ditunjuk menjadi penyelenggara LKS bidang Farmasi. Hal tersebut dikarenakan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang Prodi Farmasi miliki cukup lengkap dan baik. Selain itu lokasi yang strategis juga mempunyai andil dalam penunjukan Farmasi UMY kembali.

Puguh Novi Arsito, M.Sc., Apt., merupakan dosen Farmasi dan sekaligus perwakilan dari Farmasi FKIK UMY menyebutkan bahwa kolaborasi ini merupakan sebuah kesempatan yang baik. “Kompetisi berjalan dengan baik. Peserta datang tepat waktu menunjukkan performa siswa-siswi Farmasi bisa diandalkan. Kedepan perlu dikembangkan lomba-lomba lain yang lebih spesifik. Setidaknya setahun bisa diadakan 2 kali , dan diharapkan yang menyelenggarakan tidak hanya dari Disdikpora tapi universitas-universitas juga menyelenggarakan di tingkat sarjana. Selain itu Kompetisi ini merupakan kesempatan yang baik untuk Prodi Farmsi FKIK UMY untuk mempromosikan diri”.(wuri)